loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Melihat Alquran Raksasa dari Wonosobo untuk Presiden Jokowi

loading...
Kitab suci Alquran tentu sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Bahkan sebagian selalu membawa kitab suci ini selama bepergian. Namun, jika membawa Alquran bikinan Hayatuddin, warga Desa Kalibeber Kecamatan Mojotengah, Wonosobo tentu akan kesulitan.


Bagaimana tidak, Hayatuddin membuat Alquran dengan ukuran tak seperti biasanya. Yakni dengan tinggi 2 meter dan lebar 1,5 meter. Tidak heran jika Alquran yang ia tulis sudah banyak dikenal dengan sebutan Alquran raksasa atau akbar.

Pria yang setiap harinya bekerja sebagai dosen di Unsiq Wonosobo ini menuturkan hingga kini sudah 9 Alquran raksasa yang ia tulis. Hayatuddin mengaku sudah mulai menulis Alquran berukuran besar mulai tahun 1991.

"Ada juga yang ukurannya 1,5 meter x 1 meter dan 1 meter x 75 centimeter. Semuanya ada 9 Alquran yang sudah saya tulis," ujarnya saat ditemui di tempat kerjanya Minggu (27/5/2018).

Dengan ukuran yang tidak biasa, Alquran terrsebut sudah menyebar ke berbagai kota seperti TMII Jakarta, Perpustakaan Jakarta Islamic Centre, Masjid Agung Makassar. Bahkan, salah satu karyanya dipesan khusus untuk menjadi hadiah Sultan Bolkiah di Brunai Darussalam.

Hayatuddin mengatakan, untuk menyelesaikan Alquran raksasa ini membutuhkan waktu 1,5-3 tahun. Hal ini tergantung dari deadline yang ditentukan.

"Untuk menyelesaikan satu Alquran berukuran besar ini tidak sama. Tergantung yang memesan atau mau diserahkan kapan," tuturnya.

Disampaikan, biaya untuk membuat satu Alquran raksasa ini bisa mencapai Rp 100 juta. Namun demikian, ia menegaskan Alquran tersebut tidak diperjualbelikan. Bagi para peminat bisa memesan Alquran ini dengan cara hibah.

"Jadi sistemnya hibah. Biasanya yang memesan memberi kompensasi kepada kami," kata Hayatuddin.

Saat ditanya untuk proses pembuatannya, diawali dengan membuat sketsa sebelum ditebalkan. Ia dibantu dengan dua temannya untuk membuat ornamen dalam Alquran raksasa itu.

"Kalau untuk kertas dan tinta tidak ada kesulitan. Karena saya sudah pesan khusus agar ukurannya pas," terangnya.

Pada Bulan Ramadan tahun 2018 ini, ia akan memulai mengerjakan Alquran raksasa yang akan dihadiahkan khusus untuk Presiden Indonesia Joko Widodo. Alquran dengan ukuran 2 meter x 1,5 meter ini akan mulai dikerjakan pada tanggal 17 Ramadan nanti.

"Saya akan memulainya pada tanggal 17 Bulan Ramadan. Alquran ini akan dikirim ke Istana Negara untuk pak Jokowi," ujarnya.

Untuk itu, ia menargetkan, agar Alquran raksasa ini sudah bisa selesai sebelum pemilihan presiden. Sehingga, bisa langsung diterima oleh Presiden Joko Widodo.

"Untuk targetnya harus jadi selama Pak Jokowi masih menjabat sebagai Presiden Indonesia," kata dia.  detik.com
loading...

Comments