loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Puisi Bandara Rembele untuk Presiden Jokowi

loading...
Budayawan asal Aceh Lesek Keti Ara, membacakan sebuah puisi untuk Presiden Joko Widodo dalam acara Temu Budayawan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat sore, 6 April 2018. "Puisi terima kasih kami kepada Pak Jokowi yang sedang meresmikan Rembele," kata Lesek sebelum memulai pembacaan puisinya.



Puisi tersebut berjudul Bandara Rembele untuk Jokowi.


"Kepakkan sayapmu lalu terbang lah, katanya. Orang-orang memandang ke tubuhnya yang dibalut opoh ulen-ulen, kain adat Gayo. Orang-orang juga memandang senyumnya yang tulus.

Hari ini kuresmikan Bandara Rembele, katanya. Itu lah tanda cinta pada kampung kedua. Orang-orang rindu pada ucapan itu karena telah lama terasa dipinggirkan bahkan diabaikan. Buka mata dan layangkan pandangan ke tempat paling jauh ke wilayah tak tersentuh. Di sana kita ketemu memadu cinta untuk negeri tercinta."

Pembangunan Bandara Rembele di Takengon, Kabupaten Bener Meriah, Aceh, diresmikan Jokowi pada Maret tahun lalu. Bandara itu sebelumnya merupakan bandara perintis yang kemudian diperluas. Setelah direnovasi, Bandara Rembele dapat menampung 200 ribu penumpang per tahun.

Seperti budayawan lainnya, Lesek juga memberikan sejumlah saran kepada Jokowi. Ia mengatakan bahwa ada banyak buku di Aceh yang belum diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Buku tersebut, kata dia, masih memakai bahasa Aceh dan sulit memiliki tenaga penerjemah.

"Kalau ditemukan penerjemah, mereka akan mengalami kesulitan karena kurang dana. Khusus untuk Aceh, institut akan terlambat budaya penulisan," ujarnya.  tempo.co
loading...

Comments