loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

8 Kesederhanaan yang Menghiasi Kehidupan Joko Widodo, Nomor 2 Tak Disangka

loading...
Presiden Republik Indonesia ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dikenal dengan sosoknya yang sederhana dan merakyat. Hal itu terlihat gamblang dari kesehariannya dalam beraktivitas, mulai dari cara berpakaian, pilihan menu makanan hingga kebiasaannya.



Meski menduduki jabatan tertinggi di negeri ini, kehidupan pria kelahiran Solo itu terkesan apa adanya. Ini dia beberapa kesederhanaan Jokowi mulai dari penampilan hingga gaya hidupnya yang begitu menyita perhatian masyarakat.

1. Cara Berpakaian Sederhana 


Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi presiden, Jokowi seringkali menggunakan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam saat tengah melakukan aktivitasnya sebagai tokoh nasional. Bahkan, mantan Walikota Solo itu juga pernah memakai sandal yang dipadupadankan dengan sarung dan setelan jas dalam kunjungan kerjanya. Dia beranggapan bahwa pakaian yang digunakannya tidak perlu mahal namun nyaman saat dipakai. Hal tersebut mendapat pujian dari banyak masyarakat.

2. Pesawat Kelas Ekonomi Tanpa Pengawalan Ketat 


Saat akan menghadiri wisuda putra bungsunya menuju Singapura pada 23 November 2014, Jokowi kedapatan naik pesawat kelas ekonomi salah satu penerbangan di Indonesia. Dia menyebutkan bahwa kedatangannya ke negara kepala singa tersebut merupakan urusan pribadi sehingga tidak semestinya menggunakan fasilitas negara, termasuk pesawat kepresidenan. Saat itu juga dia hanya ditemani beberapa paspampres dan penjagaan yang tidak ketat.

3. Makanan Kaki Lima 


Walaupun sudah menjadi presiden, Jokowi juga tak segan untuk makan soto di kedai pinggir jalan saat pulang ke Solo. Hal tersebut terlihat saat Jokowi beserta keluarga berkunjung ke Solo untuk memanfaatkan libur panjang di akhir Maret 2018 kemarin. Selain itu, di beberapa acara kenegaraan, Jokowi juga tak segan memberi jamuan makanan kaki lima kepada menteri-menterinya dengan memanggil sejumlah pedagang gerobak.


4. Minyak Angin di Mobil Dinas


Berdasarkan video yang diunggah di media sosial Youtube, Staf Khusus Presiden Jokowi, Johan Budi menyebutkan bahwa di dalam kendaraan dinas orang nomor satu itu selalu membawa minyak angin dan minuman tolak angin dalam setiap aktivitasnya. Hal tersebut karena Jokowi yang ternyata tidak suka udara dingin. 

5. Jasa Penjahit Lokal


Kesederhanaan Presiden Jokowi juga terlihat dengan pemilihan jasa penjahit lokal yang dipercaya untuk membuat pakainnya. Tentu saja harga yang harus dikeluarkan jauh lebih murah daripada busana bermerek buatan desainer ternama lainnya. Diketahui dari salah seorang penjahit di tailor langganannya, Jokowi selalu memilih pakaian yang modelnya sederhana, seperti celana hitam yang dijahit dengan model gombrong dan begi serta beberapa kemeja baik yang bermoti polos ataupun batik.

6. Andalkan Jamu Untuk Jaga Stamina


Juru masak Jokowi , Tri Supriharjo juga membeberkan bahwa setiap pagi Jokowi tidak pernah ketinggalan untuk mengkonsumsi jamu. Kebiasaan itu dilakukan untuk menjaga stamina karena mantan Walikota Solo itu tidak mengenal minnuman berenergi yang tersedia secara praktis. Jamu yang diminum Jokowi adalah campuran temulawak, jahe beserta kunyit yang diberikan sedikit madu.

7. Barber Shop di Bogor 



Pada Sabtu 14 Januari 2017 lalu, Jokow kedapatan sedang memotong rambut di sebuah barber shop langganan anak muda di Bogor. Saat itu Jokowi ditemani dengan putra bungsunya, Kaesang yang datang dengan berpakaian sederhana. Diketahui bahwatarif potong rambut dan penggunaaan pomade Jokowi hanya Rp 60 ribu.


8. Merayakan Tahun Baru 



Tak ada perayaan istimewa yang dilakukan Jokowi saat malam pergantian tahun. Unggahan foto dalam akun media sosial Jokowi menunjukkan pergantian tahun 2017 hanya dilakukan di rumah dan berkumpul bersama keluarga. Dalam foto itu juga terlihat Jokowi hanya menggunakan sarung dan kemeja. Serupa dengan tahun sebelumnya, saat malam tahun baru 2018 Jokowi merayakannya dengan menyapa masyarakat Yogyakarta bersama cucunya. okezone.com
loading...

Comments