loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Hongi, Adu Hidung Khas Selandia Baru yang Dilakukan Presiden Jokowi

loading...

Tiba di Selandia Baru, Presiden Jokowi berkenalan dengan tetua suku Maori, Piri Sciascia. Keduanya berkenalan dengan melakukan tradisi hongi atau adu hidung.

Apa sih hongi itu?


Dikutip dari media Selandia Baru Stuff, Senin (19/3/2018), hongi merupakan salam perkenalan Selandia Baru yang dikenal ke seluruh dunia. Namun sebenarnya hongi tak digunakan oleh semua orang Selandia Baru.

Profesor Universitas Canterbury Angus Macfarlane mengatakan, asal usul tradisi hongi memegang peranan penting dalam mitologi suku Maori, suku asli Selandia Baru.

Tradisi ini berawal dari seorang dewa bernama Tāne-nui-a-Rangi. Tane dianggap sebagai nenek moyang Maori.

"Dan dari situlah nafas kehidupan berasal," kata Macfarlane.

Menurut Macfarlane, penggunaan hongi yang diperluas akan berdampak bagus. Hongi bisa bermakna muda bisa juga menjadi sangat serius.

Profesor Te Hurinui Clarke dari Canterbury University College of Education mengatakan ada banyak variasi hongi. Bagi beberapa orang hanya ada sentuhan hidung, tapi sebenarnya ada juga termasuk sentuhan dahi, pertukaran nafas dan pengetahuan metafora.

Clarke yang berasal dari daerah Bay of Plenty menuturkan hongi di kampung halamannya dua kali tempelan hidung, pertama untuk menyapa individu lain, kedua untuk menyapa nenek moyang mereka.

"Seringkali saya lupa bahwa kita melakukan double tap saat kita pulang. Saya menemukan diri saya melakukan hongi tunggal dan kemudian mundur sebentar," tutur Clarke.  detik.com


loading...

Comments