loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Empat Kriteria Cawapres Jokowi Versi Buya Syafii Maarif

loading...

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif mengatakan pendamping Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 nanti harus memenuhi sejumlah kriteria. Setidaknya, ada empat yang dia sebutkan.


Salah satu kriteria untuk cawapres Jokowi, kata Buya syafii, adalah usia yang relatif muda. "Umurnya relatif muda, sejajar hampir sama dengan Jokowi," kata Syafii di Wisma Antara, Jakarta, Kamis, 29 Maret 2018.

Sosok cawapres Jokowi juga harus memiliki integritas dan mampu bekerja sama dengan pasangannya.

Kriteria lain yang tak kalah penting adalah potensi cawapres menjadi pemimpin. "Harus siap menjadi presiden 2024," ujarnya. Sosok cawapres yang dicari harus berpotensi menjadi negarawan, bukan politisi.

Terkait latar belakangan, Syafii setuju jika cawapres Jokowi harus berasal dari kalangan santi. Menurut dia, posisi orang kedua di Indonesia itu biasanya diisi oleh tokoh santi dan berasal dari luar Jawa.

Namun dia enggan merekomendasikan sosok yang dinilainya menenuhi kriteria-kriteria tersebut. Saat ditanya mengenai peluang Jokowi berpasangan dengan Ketua Umum PPP Romahurmuziy, misalnya, dia menyatakan enggan menilai karena bersahabat dengan sosok tersebut. tempo.co


loading...

Comments