loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Meutya Hafid: SARACEN Ancam Persatuan Bangsa

loading...

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, menilai sindikat penyebar ujaran kebencian di media sosial, Saracen, mengancam persatuan bangsa karena dapat memecah-belah dan merusak semangat kebinekaan.

"Jika nanti hasil investigasi menunjukkan benar jika pabrik hoax ini bertujuan memecah belah bangsa maka pelaku dapat juga dikenakan tuduhan melawan NKRI." ujar Meutya di Gedung DPR, Kamis (24/8).

Meutya meminta polisi mengusut tuntas jaringan-jaringan dari sindikat Saracen, termasuk para kliennya. Polisi, katanya, dapat meminta bantuan instansi lain untuk membongkar seluruh jaringan Saracen.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan, Saracen dapat mengacaukan keamanan dan mengganggu stabilitas negara.

"Jadi kalau ada orang yang memang menyebarluaskan berita yang tidak benar, berita yang salah, ya harus segera ditahan," kata Dave.

Dave menambahkan, ada beberapa grup seperti Saracen yang masih beredar. Informasi itu ia ketahui dari Badan Intelijen Negara (BIN).

"BIN juga sudah menyampaikan bahwa masih ada lagi yang sekarang sedang diburu. Saya enggak bisa bilang dulu (jumlahnya)," kata dia.

Polisi menangkap sejumlah pengelola Saracen, beberapa waktu lalu di sejumlah daerah. Sindikat Saracen menyebarkan konten provokasi bernada SARA di media sosial. Konten itu merupakan pesanan pihak tertentu dengan tarif yang sudah ditentukan.

Sindikat Saracen memasang tarif puluhan juta bagi pihak-pihak yang ingin memesan konten ujaran kebencian.


 CnnIndonesia
loading...

Comments