loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Ahok Siapkan Akta Lahir Langsung Jadi untuk Warga DKI

loading...

Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sudah menyiapkan cara untuk mengatasi eksploitasi pada anak di DKI. Salah satu yang disiapkan oleh Ahok adalah akta kelahiran yang langsung jadi.

"Kita sedang menciptakan akta lahir yang begitu lahir, ada nama langsung jadi, langsung dikirim," kata Ahok seusai menghadiri bedah buku 'A Man Called Ahok' di Senopati, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Ahok mengatakan beberapa rumah sakit umum daerah (RSUD) di DKI sudah menerapkan sistem tersebut. Bahkan akta lahir tersebut langsung selesai pada hari yang sama. Prosesnya pun bisa diurus di rumah sakit

"Nggak susah (bikin akta lahirnya). Di RSUD sekarang sudah bisa, hari itu langsung jadi. Bisa langsung di rumah sakit (prosesnya)," papar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan banyaknya eksploitasi pada anak di DKI salah satu alasannya adalah banyaknya anak yang tidak memiliki akta lahir. Karena itu, Pemprov DKI bahkan sudah melakukan monitoring saat ada ibu hamil. Alasannya, agar saat anaknya lahir, akta lahir bisa langsung diurus.

"Waktu hamil pun sudah kita monitor. Jadi setiap anak dari hamil sampai lahir pun, kalau ada akta lahir, sudah sah. Kalau nggak begitu, bisa dijual (anaknya)," ujar Ahok.

Selain masalah akta lahir, Ahok sudah menyiapkan beberapa program untuk menanggulangi anak jalanan di DKI. Ahok mengatakan sedang mengejar pembangunan sebuah yayasan di Ciracas, Jakarta Timur.

"Kita lagi selesaikan di Yayasan Pondok Karya Pembangunan yang di Ciracas untuk menampung 2.000 anak. Jadi model sekolah, yayasan, kayak pesantren, sudah kita siapkan buat 2.000 anak," kata Ahok.

"Kita juga mau bangun di Ciangir (Kabupaten Tangerang). Intinya, mesti bangun rusun yang banyak, sekolah, termasuk asrama," tutup Ahok.



loading...

Comments