loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Sudah Puluhan Tahun Uang Rupiah Selalu Dicetak Peruri

loading...

Beredar kabar di media sosial (medsos) uang rupiah desain baru dicetak oleh pihak swasta. Padahal, menurut undang-undang (UU) dan peraturan yang berlaku, hanya Perum Peruri (Persero) yang berhak mencetak uang rupiah.

Menurut Head of Corporate Secretary Peruri, Eddy Kurnia, selama ini pencetakan uang rupiah hanya dilakukan oleh Peruri. Ia menerangkan, Peruri telah mencetak rupiah sudah sekitar 45 tahun lamanya.

"Bertahun-tahun sejak Peruri ini didirikan, dari tahun 71, sampai dengan saat ini dan ke depan (pencetakan rupiah) itu dikerjakan oleh Peruri atas penugasan oleh BI (Bank Indonesia) dari dulu, saat ini, hingga ke depan," kata Eddy kepada detikFinance, Rabu (28/12/2016).


Baca: Hhmm... Ketika AHOK Tak 'Dikenali' Lagi oleh Sang ISTRI ???

Selama itu pula, kata Eddy, Peruri mencetak uang dengan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi, penuh kehati-hatian, berkualitas, dan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

"Jadi peruri mempunyai kompetensi sumber daya manusia yang mumpuni untuk mencetak uang, mempunyai mesin yang sangat canggih di area produksi Peruri di Karawang di luas 202 hektar," terang dia.

Maka dari itu, Eddy menegaskan bahwa tuduhan yang dilayangkan kepada Peruri tidaklah benar. Sebab, yang bertugas untuk mencetak uang rupiah adalah Peruri, hal itu jelas tertera dalam UU nomor 7 tentang mata uang, dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2006.

"Di dalam UU dan PP itu, dinyatakan bahwa BI untuk mencetak uang rupiah, menugaskan BUMN dalam hal ini adalah Peruri, untuk mencetak uang, jelas dinyatakan seperti itu," tuturnya.



loading...

Comments