loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Sebenarnya... 7 JUTA atau 500 RIBU ? MEDSOS ramai berdebat jumlah AKSI 212 di MONAS

loading...

Perbincangan tentang jumlah orang yang hadir dalam aksi 212 di Monas menghangat di media sosial, menimbulkan pertanyaan: mengapa begitu penting dibicarakan -dan dibanding-bandingkan?

Wartawan Metro TV kembali diintimidasi. Setelah sebelumnya diusir dalam unjuk rasa 4 November, kali ini mereka diperolok oleh sejumlah orang di aksi 'Bela Islam jilid 3'.

Salah satunya adalah reporter Rifai Pamone yang ketika menyampaikan laporan langsungnya diintimidasi oleh teriakan 'Metro Tipu' berulang-ulang. Insiden yang terekam dalan video ini langsung beredar viral di media sosial. Banyak orang menuduh wartawan ini melakukan kebohongan publik terkait jumlah peserta aksi yang hadir 2 Desember itu. 

Baca: Istana Gelar Pagelaran Seni Sumpah Pemuda

Dalam tayangan yang diulang oleh Metro TV, Rifai menyebut jumlah massa di kawasan Patung Kuda saja (bukan jumlah keseluruhan) sekitar 50.000 orang - angka yang dia sebut diperoleh 'berdasarkan wawancara para koordinator aksi di mobil taktis'. "Dan angka tersebut bisa dipastikan terus bertambah, bahkan jutaan umat Muslim akan berkumpul..." katanya kemudian.

Namun banyak orang naik pitam di media sosial atas pemberitaan ini karena menganggap bahwa klaim angka 50.000 itu adalah jumlah keseluruhan. "Dasar media kafir," kata satu pengguna di Facebook. "Segitu banyak masa dibilang cuma 50.000 peserta, situ sehat?" kata yang lain. 

Jumlah peserta aksi menjadi isu sensitif yang dalam beberapa hari terakhir bisa memicu orang di media sosial mengumpat dan bersikap nyinyir. Berbagai pandangan yang berbeda diulas dalam blog, unggahan Facebook, hingga media massa dengan angka yang berbeda-beda -dan bahkan terlampau jauh perbedaannya. 

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) yang menjadi penyelenggara aksi mengklaim bahwa aksi itu diikuti oleh 7,5 juta orang. Tidak diperoleh lebih jauh bagaimana mereka mencapai kesimpulan tersebut. Sementara sejumlah analisa, menyebut jumlahnya ada di kisaran 500 ribu orang. 

Tujuh juta dan 500 ribu? Perbedaan yang jauh bukan?


Bbc.com 
loading...

Comments