loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

Begini Penjelasan Satelit News Soal Berita Eko Patrio

loading...

Satelitnews.com menyampaikan permohonan maaf atas artikel yang dipublikasi situs ini. Artikel itu menyebutkan Ketua DPW Partai Amanat Nasional DKI Jakarta Eko Patrio menulis di media sosial bahwa peristiwa penemuan bom di Bekasi merupakan pengalihan isu dari kasus penistaan agama oleh calon Gubernur DKI Jakarta inkumben, Basuki Tjahaja Purnama.

"Kami mohon maaf, artikel ini sudah dihapus agar tidak lagi menimbulkan kesalahpahaman. Sekali lagi, kami mohon maaf, tidak ada niat sama sekali dari kami untuk mencemarkan nama baik orang lain. Tidak ada maksud lain. Ini semua hanya kekhilafan kami belaka yang tidak melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap kebenaran berita yang kami temukan sebelumnya, dan kami langsung saja me-copy-paste-nya tanpa ada tabayun, apakah berita tersebut benar atau tidak," tulis Satelitnews.com di halaman web-nya, Jumat, 16 Desember 2016.


Dalam web itu, pengelola Satelitnews.com menjelaskan, pihaknya mengambil berita dari beberapa situs lain yang dijadikannya sebagai sumber. Media yang dimaksud adalah Ambiguistik.com, Healmagz.com, dan Suaranasional.com. Screenshot dari halaman situs tersebut pun ditampilkan.


Baca: Warga Semper Peluk Djarot dan Membolehkan Ahok Datang

"Kepada pihak-pihak yang merasa dirugikan, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga masalah ini dapat segera diselesaikan dengan tenang, tenteram, dan adil. Pernyataan ini dibuat sebenar-benarnya dari hati yang tulus, tanpa unsur pemaksaan dari pihak lain," tulisnya.


Tempo mencoba menelusuri halaman web yang dijadikan sumber berita tersebut. Dalam situs Suaranasional.com, Satelitnews.com menjadikan artikel berjudul “Muncul Isu Teror Bom ke Istana, Upaya Pengalihan Isu Kasus Ahok dan Menakuti Umat Islam” sebagai sumber.

Pada artikel itu, pernyataan soal dugaan pengalihan isu disampaikan pengamat politik Ahmad Bhaidowi, bukan Eko Patrio. Begitu pula berita di situs Ambiguistik.com. Sedangkan di situs Satelitnews.com sendiri dan situs Healmagz.com, artikel terkait telah dihapus dan tidak bisa diakses.

Baca: Projo: Jangan Kaitkan Kasus Hukum Ahok dengan Jokowi

Sebelumnya, Eko Patrio mem-posting halaman situs Satelitnews.com dengan judul “Eko Patrio: Teror Bom Istana Adalah Upaya Pengalihan Isu Kasus Ahok”. Bersama dengan posting-an foto itu, Eko menuliskan, "Saya merasa tidak pernah diwawancarai oleh media (Satelit News). Saya merasa dirugikan dengan pemberitaan ini."


Hari ini, Eko juga memenuhi panggilan pemeriksaan oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI terkait dengan pernyataannya dalam berita itu. Seusai pemeriksaan, Eko mengaku akan mensomasi enam media yang menulis artikel tentangnya itu. 


loading...

Comments