loading...

Video NAWACITA JOKOWI

NASDEM Deklarasi JOKOWI Presiden 2019-2024

Pesan Jokowi Untuk Relawan Projo Hadapi Tahun Politik

Dunia Akui Kinerja AHOK

PRESIDEN JOKOWI Jadi Imam Shalat PRESIDEN AFGHANISTAN

Video TUHAN TIDAK TIDUR Untuk AHOK

loading...

200 Ribu Buruh KSPI Demo 2 Desember di Seberang Istana, Ini Tuntutannya

loading...

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan buruh dari serikat buruh yang dipimpinnya akan melakukan aksi 'Mogok Nasional' pada Jumat (2/12/2016).
 
Mogok nasional dilakukan dengan cara menghentikan stop produksi di 20 Provinsi, 250 Kabupaten/Kota, dengan melibatkan hampir satu juta buruh.

Semula rencana itu digelar pada 2 November lalu.

"Khusus buruh se-Jabodetabek dan Karawang, lebih dari 200 ribu buruh pada saat mogok nasional 2 Desember. Massa akan bergerak unjuk rasa di Istana dengan titik kumpul di bundaran HI. Sedangkan mogok nasional buruh di 19 Provinsi lainnya dilakukan di kawasan industri dan kantor gubernur masing-masing," ujar Said, dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Rabu (23/11/2016).

Pada 2 Desember itu, kata dia, ada tiga poin yang disuarakan para buruh. 

Pertama cabut PP 78/2015-Tolak Upah Murah.

Kedua, menaikkan UMP/UMK 15%-20%.

Dan ketiga, penjarakan tersangka Ahok penista agama sebagaimana tersangka-tersangka sebelumnya demi tegaknya supremasi hukum.

Poin-poin diminta buruh sebenarnya sudah lama diteriakan termasuk menolak penggusuran dan reklamasi yang merusak lingkungan hidup serta sarat aroma korupsi.

Sebagaimana buruh dari dulu meminta KPK memeriksa Ahok atas dugaan korupsi di RS Sumber Waras, Lahan Cengkareng, reklamasi Teluk Jakarta.

"Tetapi teriakan buruh ini tak pernah ada tanggapan," ujarnya.

Menurut dia, aksi unjuk rasa pada 2 Desember sengaja dibuat bersamaan, karena ada irisan isu dan kepentingan yang sama yaitu menegakkan supremasi hukum dan rasa keadilan.

"Menegakkan supremasi hukum dan keadilan, menolak upah murah, menolak penggusuran yang melanggar HAM dan menolak reklamasi yang merusak lingkungan. Di seluruh dunia, perjuangan serikat buruh adalah upah layak, HAM, lingkungan, dan tegaknya hukum. Inilah esensi mogok nasional 2 Desember oleh buruh," katanya.


Tribunnews.com 
loading...

Comments